Senin, 27 Januari 2014

Peresmian KRL Produksi INKA Madiun

       Pada tanggal 17 April 2013 Wakil Menteri Perhubungan Bapak Bambang Susantono  meresmikan 10 set kereta rel listrik (KRL) Commuter Line untuk melayani jalur Stasiun Maja-Tanah Abang mulai beroperasi hari ini. 10 trainset KRL ini diproduksi PT. INKA berkerja sama dengan BOMBARDIER Transportation Consortium dengan pendanaan dari KFW (Kreditanstalt Für Wiederaufbau – German Development Bank). Peresmian dilaksanakan di stasiun Cisauk Kabupaten Tangerang, dan dihadiri , Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Bapak Tunjung Inderawan, Duta Besar Jerman Georg Witschel,  Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah dan Wakil Gubernur Banten H Rano Karno .
 

      KRL ini menggunakan diproduksi dengan tekhnologi untuk memaksimalkan efisiensi operasional dan memastikan kenyamanan penumpang. Setiap satu rangkaian kereta terdiri dari empat unit dengan formasi TC (Trailer Car) 1+MC (Motor Car) 1+MC2+TC2. Trailer Car berkapasitas duduk 54 orang dan 107 orang kapasitas berdiri. Sedangkan Motor Car berkapasitas duduk 64 orang dan 110 kapasitas berdiri.



      KRLini juga menggunakan Train Control Management System ( TCMS ) dimana sistem ini memungkinkan masinis untuk memantau keadaan seluruh kereta melalui monitor yang ada di kabin masinis sehingga memudahkan masinis untuk memantau keadaan kereta dan dan mendeteksi apabila ada kerusakan.Dalam sambutannya Wamenhub mengatakan pengoperasian KRL ini akan memberikan alternatif moda transportasi yang nyaman dan murah bagi masyarakat sehingga membantu mengurangi masalah overloading jalan raya. Sedangkan Duta Besar Jerman Georg Witschel mengatakan dengan menggunakan akan mengurangi waktu tempuh bagi masyarakat dan mengurangi polusi udara dan suara. 

Sumber tulisan: http://www.inka.web.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar